Recent Comments
    Categories
    March 2014
    M T W T F S S
    « Jan   Apr »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31  
    animasi panah asmara

    download makalah ini

    BAB I
    PENDAHULUAN
    1.1 Latar Belakang

    Pada era saat ini perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sangatlah pesat. Perkembangan tersebut di ikuti dengan penerapannya yang semakin intensif untuk kegiatan industri, bisnis maupun keperluan lainnya. Sehingga masyarakat pun dapat mengikuti perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang ada. Begitu pun perusahaan-perusahaan, supaya tetap relevan perusahaan harus dapat mengikuti bahkan mendahului perkembangan dan penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
    Dalam persaingan dunia bisnis yang semakin tinggi, maka diperlukan sebuah sistem kerja yang cepat, efektif dan efisien. Apalagi pada saat ini komunikasi bisnis mulai beralih dari komunikasi langsung hingga komunikasi dengan bantuan internet. Dengan bertambahnya jalur penjualan produk, konsumen tidak hanya berbrlanja di dunia nyata melalui department stores atau mall. Kini penggunaan teknologi memungkinkan bisa melakukan aktifitas pembelian melalui internet dengan tidak harus beranjak dari rumah atau pun kamar tidur, namun cukup membuka computer dengan mengetik alamat situs yang dikehendaki, kemudian aktifitas transaksi dapat dilakukan.Persaingan dalam pelayanan dan tuntutan kebutuhan informasi serta pengetahuan masyarakat saat ini mendorong pemasar untuk memberikan nilai pada pelayanan berupa kemudahan untuk memenuhi kebutuhan informasi.

    Konsep online shopping menyediakan banyak kemudahan dan kelebihan jika dibandingkan dengan konsep belanja yang konvensional. Selain proses transaksi bisa menjadi lebih cepat, di internet telah disediakan hampir semua barang yang biasanya dijual secara lengkap. Maka dari itu diharapkan sebuah solusi alternatif yang memungkinkan melakukan transaksi ataupun mengakses informasi tanpa bergantung pada sumber informasi dan lokasi akses sehingga memberikan layanan yang lebih fleksibel bagi konsumen. Sebuah penerapan teknologi yang melengkapi model yang telah ada dan diharapkan memberikan kemudahan yang mendorong terjadinya sebuah transaksi pada bisnis online.


    BAB II
    PEMBAHASAN
    2.1 Toko online
    Toko online merupakan tempat penjualan barang dan jasa sepenuhnya di Internet. Namun ada pula yang merupakan toko konvensional yang juga menjual barang dan jasa mereka di internet atau sarana untuk menawarkan barang dan jasa lewat internet, dimana pengunjung dapat melihat barang-barang anda di toko online anda.
    Banyak media yang tesedia untuk membuka toko online diantaranya sebagai berikut :
    1. Facebook
    2. Twitter
    3. Blog
    4. Wordpress
    5. Web yang gratis atau pun web yang berbayar
    Dalam makalah ini akan dicontohkan pembuatan toko online dalam web gratis yaitu pembuatan toko online di kassa9.com. Kassa9 merupakan web store builder ( e-commerce builder ) dimana tanpa menguasaibahasa pemrograman atau markup, kita dapat membuat toko online kita sendiri. Kita dapat melakukan pengaturan terhadap website kita dari halaman panel dan builder yang akan secaraotomatis melakukan kustomisasi website sesuai dengan keinginan kita. Dengan menggunakan Kassa9 karena mudah dalam pengoperasian (fitur yang ditawarkan tidak terlalu rumit) sehingga baik untuk pembelajaran awal dan terlibih karena dapat digunakan secara gratis. Berikut cara untuk membuat toko online di kassa 9 :
    A. Membuka akun baru dan memulai toko baru di Kassa9

    1. Buka http://www.kassa9.com/ maka akan tampil halaman seperti di bawah ini

    2. Jika Anda belum punya akun, cara paling mudah adalah dengan menghubungkannyadengan Facebook, klik “Login using Facebook”. Sebenarnya Anda dapat langsungmengisi kotak di bawah “Create Your Free Online Store Now” dengan URL apa yang Anda inginkan untuk toko online Anda, tapi nantinya tetap Anda akan disuruh mendaftar pula. Setelah klik “Login using Facebook”, jika Anda belum pernahmemberikan akses kepada Facebook untuk terhubung dengan Kassa9, maka akantampak tampilan berikut :

    3. Klik “Allow” dan akan tampak tampilan seperti di bawah ini. Anda mempunyai tigapilihan di sini.
    a. “Member baru dan ingin memiliki akun di Kassa9”di layar berikut Anda akan memasukkan username dan password untuk login ke Kassa9. Anda dapatlogin dengan login Facebook maupun login Kassa9 nantinya
    b. “Sudah menjadi member, atau sudah pernah mendaftar tapi belum aktivasi
    (tidak bisa login)” di layar berikut Anda akan memasukkanusername dan password sesuai yang pernah Anda masukkan saat mendaftarpertama kali. Akun Kassa9 Anda akan terhubung dengan akun Facebook, danAnda dapat login dengan keduanya. Tidak perlu aktivasi lagi.
    c. “Member baru, ingin login dari Facebook saja untuk seterusnya”, Anda langsung menjadi member dan hanya dapat login dengan akun Facebook Anda.

    4. Agar lebih mudah, pilih pilihan yang ketiga “Member baru, ingin login dari Facebook saja untuk seterusnya” dengan konsekuensi Anda harus dapat mengamankan akun Facebook Anda. Setelah itu klik “Lanjut”.

    5. Dengan ini akun Anda telah jadi dan Anda dapat membuat toko online pertama Anda. Klik “Create Your Online Store Now!” untuk mulai membuat toko online pertama anda

    6. Di halaman ini Anda akan menemukan 3 langkah yang harus Anda isi untuk meluncurkan toko online Anda. Field dengan tanda (*) adalah field yang wajib Andaisi. Setelah Anda selesai memasukkan semua data-data yang diperlukan dan memilih menggunakan template apa, Anda dapat menekan tombol “Buat Toko Saya” di bagian paling bawah

    7. Toko online Anda sudah siap dan secara otomatis Anda akan diarahkan ke halamanPanel Kontrol. Bagian atas adalah bagian di mana kita dapat melakukan kustomisasiwebsite kita, sedangkan di bagian bawah adalah preview website kita.

    B. Pengaturan produk
    Pengaturan Produk Berikut adalah langkah sederhana bagaimana kita dapat menambahkan produk barudalam website kita:

    1. Dalam Panel Kontrol, klik “Pengaturan – Produk”

    2. Bagian “Kategori Produk” menampilkan klasifikasi barang yang Anda jual. Hal ini sangat berguna bagi user dan Anda mencari spesifikasi barang yang diinginkannya terutama jika produk yang Anda pasarkan sangat banyak. Klik “Tambah Kategori” jika Anda ingin menambahkan kategori baru. Jika Anda ingin mengubah nama kategori, klik tanda pensil dan jika Anda ingin menghapus kategori tersebut klik tanda cross (berhati-hatilah jika ingin menghapus kategori karena hal ini berarti menghapus semua produk yang ada dalam kategori tersebut)

    3. Untuk menambahkan produk, klik “Tambah Produk” Disarankan ukuran gambaradalah 300×300 pixel karena gambar akan ditampilkan dalam bentuk persegi. Jikaukuran gambar yang Anda masukkan tidak 300×300 maka gambar akan di-strecth(dipaskan ke 300×300). File gambar tidak boleh menggunakan karakter khusus.Deskripsi dapat Anda copy paste dari software pengolah kata seperti Word ataupun langsung dari web.

    C. Pengaturan Berita
    Berita akan muncul di halaman utama Anda, jadi merupakan salah satu konten yangpenting dan wajib Anda isi. Berikut adalah langkah sederhana bagaimana menambahkan berita

    1. Klik “Pengaturan – Berita” dalam Panel Kontrol Anda

    2. Klik “Tambah Berita” lalu klik “Kirim” di bagian paling bawah jika telah selesai menembahkan konten

    D. Menambahkan konten lainnya
    Secara umum, cara menambahkan konten lainnya sama dengan cara menambahkan beritaseperti poin di atas :

    1. Jika ingin melakukan penambahan, pengubahan, dan penghapusan artikel, dapat dilakukan di “Pengaturan – Artikel”. Artikel dapat diakses di webpage di menu Articles. Artikel dapat menjadi salah satu daya tarik web Anda, memang kontenutama yang ada adalah tentang jual beli barang, tetapi untuk meningkatkan Traffic pengunjung dalam website Anda, Anda harus memiliki sesuatu yang lain dan terusterupdate selain barang-barang yang diperjual belikan. Salah satu caranya adalahdengan membuat dan terus memperbaharui artikel yang ada dalam website Anda.

    2. Jika ingin melakukan penambahan, pengubahan, dan penghapusan komentar, dapat dilakukan di “Pengaturan – Komentar”. Komentar dapat diakses di webpage di menu Comments.

    3. Jika ingin melakukan penghapusan dan pengaturan testimonial, dapat dilakukan di “Pengaturan – Testimoni”. Testimonial dapat diakses di webpage di menu Testimonial.

    4. Jika ingin mengubah data tentang toko Anda, dapat dilakukan di “Pengaturan – Tentang Kami”. Tentang kami dapat diakses di webpage di menu About Us.

    5. Jika ingin mengubah pesan selamat datang, dapat dilakukan di “Pengaturan – Pesan Selamat Datang”. Pesan selamat datang dapat diakses di webpage di menu Home

    E. Mengubah tampilan toko
    Beberapa fitur yang disediakan terkait hal ini adalah:

    1. Ganti Tema Toko, di mana kita dapat mengganti templatewebsite kita. Perlu diperhatikan, saat mengganti template dimungkinkan beberapa fitur akan menjaditidak berfungsi seperti pesan selamat datang,pengumuman, dan info toko. Cari template yang Anda sukai lalu klik “Pasang Tema” di template yang Anda inginkan

    2. Ganti Header toko, di mana kita dapat mengganti gambar header website kita atau jika kita ingin mengembalikan ke header asli template

    F. Profil
    Beberapa fitur yang disediakan terkait hal ini adalah:

    1. Profil toko, di sini Anda dapat mengubah nama, logo, kategori, status, dan tagmetadata toko Anda

    2. Kontak, di sini Anda dapat memasukkan data terkait diri Anda sebagai penjual, data-data tentang toko Anda, cara pembayaran, pengiriman, dan kondisi.

    Ini lah contoh toko online yang kami buat melalui kassa9.com :
    1. Bagian Home

    2. Bagian About

    3. Bagian product

    2.2 Menjadi Affiliate dari Banyak Merchant
    Setelah Anda belajar membuat website dan membuat online store atau toko online dengan WordPress dan WP e-Commerce plugin, maka untuk beberapa hari ke d epan, Anda ak an belajar bagaimana untuk menghasilkan uang dengan menjual produk orang lain atau sering disebut affiliate marketing.
    Untuk menghasilkan uang dengan melakukan affiliate marketing atau mempromosikan produk atau jasa orang lain, secara sederhana sebenarn ya hanya terbagi atas 3 langkah saja yaitu:
    1. Mendaftar jadi affiliate dari merchant yang Anda pilih.
    2. Mempromosikan produk merchant di website, iklan atau email dengan affiliate link Anda.
    3. Membuat banyak orang untuk melihat promosi yang Anda lakuk an di langkah 2.
    Untuk bisa mempromosikan produk/jasa dari sebuah merchant (pemilik produk/jasa), kita perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu seb agai affiliate dari merchant tersebut. Tanpa melakukan pendaftaran dan diterima sebagai affiliate (pendaftaran Anda menjadi affiliate bisa saja ditolak oleh merchant), Anda tidak bisa mempromosikan produk merchant tersebut dan memperoleh komisi.
    2.2.1 In-House Affiliate Program vs Affiliate Network
    Saat suatu merchant ingin membuat affiliate program atau program affiliasi, ada satu hal yang harus mereka putuskan yaitu apakah mereka akan mengurus sendiri manajemen affiliate program (sering disebut In -House Affiliate Program) atau mereka outsource ke perusahaan lain yang disebut Affiliate Network akan mengurusi seluruh aspek administrasi, teknik, tracking dan pembayaran komisi affiliate.
    Tentu ada pro dan kontra dari masing-masing pilihan, tetapi menyerahkan manajemen affiliate ke perusahaan Affiliate Network biasanya dilakukan oleh merchant agar mereka tidak repot mengurusi hal yang bukan expertise mereka, walaupun itu berarti ada cost extra yang perlu dibayarkan ke perusahaan affiliate network. Cost inilah yang umumnya dihindari oleh merchant yang rela untuk mengurus sendiri affiliate programnya.
    Tetapi tidak berarti merchant yang mengurus sendiri affiliate programnya adalah perusahaan kecil. Amazon.com dan eBay.com adalah dua e-commerce terbesar di dunia dan mereka mengelola affiliate programn ya sendiri. Saya yakin penghematan yang bisa mereka lakukan bisa mencapai jutaan dollar dibanding jika mereka menggunakan affiliate network.
    Kami lebih suka mempromosikan merchant yang ada di suatu affiliate network. Alasannya:
    • Kita lebih merasa aman d an yakin bahwa komisi kita akan terbayar. Hal ini disebabkan affiliate network dalam menerima merchant ju ga sudah memikirkan hal ini dan berusaha mem-filter merchant yang tidak kredibel.

    • Affiliate network membayarkan total komisi yang didapat dari seluruh merchant sehingga walaupun kita ada dapat sedikit komisi dari merchant A tetapi total keseluruhan komisi dari merchant yang ada di affiliate network tersebut membuat kita selalu melebihi minimal jumlah komisi yang dibayarkan. Sedangkan di in-house affiliate program, seringkali kita mendapatkan komisi tetapi karena kurang dari minimal komisi yang bisa dibayarkan, komisi tersebut tertahan di merchant hingga beberapa bulan yaitu sampai melebih minimal komisi yang bisa dibayarkan.

    • Me-manage beberapa pro mosi merchant di sebuah affiliate network jauh lebih mudah dan lebih cepat dibanding me-man age beb erapa merchant di masing-masing in-house affiliate pro gram. Me-manage disini seperti mendapatkan affiliate link, melakukan tracking, mendapatkan reports dan lain-lain. Di affiliate network, Anda cukup login ke satu tempat untuk melihat seluruh perkembangan promosi Anda, sedangkan di in-house, Anda perlu login ke banyak website untuk sekedar mendapat reports.
    Jika Anda ingin mempromosikan merchant yang mengelola sendiri affiliate pro gr amnya (in-house affiliate program), lakukan due diligence dulu dengan search di google, apakah ada kejadian affiliate tidak dibayar oleh merchant yang ingin Anda promosikan atau ada permasalahan negatif lainnya yang melibatkan merchant tersebut.
    Hal ini penting perlu dilakukan jika merchant tersebut bukan merupakan retailer yang memiliki brand atau merk yang terkenal. Melakukan due diligence ini akan menghemat waktu, uang dan energi Anda jika ternyata ada permasalahan dengan merchant X.
    Pada prinsipnya, jika ingin menjadi affiliate dari suatu in-house affiliate program, Anda melakukan pendaftaran ke merchantnya langsung, biasanya di websitenya ada petunjuk dan form untuk sign-up menjadi affiliate. Sedangkan jika ingin menjadi affiliate dari merchant yang tergabung di suatu affiliate network, Anda perlu bergabung terlebih dahulu ke affiliate network baru setelah itu baru bisa melakukan pendaftaran atau apply menjadi affiliate merchant tersebut melalui menu yang disediakan di affiliate network, jadi bu kan melalui website merchant.
    Saat Anda melakukan affiliate marketing, ada dua pendekatan dalam proses memilih merchant yang ingin dipromosikan yaitu :
    1. Anda sudah tahu produk/jasa yang mau Anda promosikan, sehingga tinggal mencari merchant yang bagus dan lalu mendaftar untuk menjadi affiliate-nya.
    2. Anda belum tahu produk /jasa yang mau Anda pro mosikan sehingga Anda bergabung ke Affiliate Network dan mencari merchant dan produk yang bagus untuk dipromosikan .
    Tidak ada yang lebih bagus atau lebih benar diantara dua pendekatan tersebut. Yang berbeda hanyalah apakah Anda sudah punya ide produk atau jasa yang ingin dipromosikan atau belum. Mari kita bahas dulu pendekatan yang pertama.
    2.2.2 Mencari Affiliate Program dari Produk Tertentu
    Ada sebagian orang yan g melakukan affiliate marketing, sudah tahu produk/jasa apa yang ingin dipromosikan. Mereka hanya belum tahu merchant-merchant apa saja yang menjual produk/jasa tersebut. Jadi bagaimana caranya untuk mengetahui merchant-merchant apa saja yang menjual produk/jasa yang in gin Anda promosikan?
    Sebagai contoh, sekarang ini bulan September, di negara-negara barat sebentar lagi merayakan Halloween yang umumnya jatuh pada tanggal 31 Oktober. Saat melakukan perayaan Halloween, sudah menjadi tradisi dan hukum wajib bahwa oran g-or ang akan menggunakan kostum tokoh-tokoh yang menakutkan. Hal ini menyebabkan setiap tahun kurang lebih satu bulan sebelum perayaan Halloween, orang-orang sudah sibuk memikirkan dan membeli kostum Halloween yang ingin digunakan. Permintaan dan omset penjualan baju kostum Halloween sangatlah besar tiap tahunn ya. Jika Anda berminat menjadi affiliate dari baju kostum untuk perayaan Halloween, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu merchant-merchant mana saja yang menjual baju kostum perayaan Halloween yang memiliki affiliate program atau program affiliasi.
    Caranya mudah, Anda gunakan google dan search halloween costume +affiliate +program (tanda + di depan kata affiliate dan program artinya Anda mau hasil pencarian google harus ada mengandung kata- kata tersebut). Anda bisa melihat beberapa diantara hasil pencarian google di bawah ini.

    Anda lihat yang tampil adalah semua merchant yang menjual halloween costume yang memiliki affiliate program.
    Contoh lainnya adalah jika Anda mau menjadi affiliate produk accessories iPod maka untuk mencari merchant yang menjual ipod accessories yang memiliki affiliate program, tinggal ketik di google: ipod accessories +affiliate +program
    Anda akan bisa melihat hasil dari search result yang menampilkan merchant yang menjual ipod accessories yang memiliki affiliate program. Sederhana bukan? Anda bisa mulai mencari-cari affiliate program dari produk-produk yang terpikir oleh Anda. Anda akan takjub bahwa produk dan jasa yang bisa Anda promosikan sebagai affiliate adalah tidak terbatas.

    2.2.3 Penjelasan mengenai Affiliate Program
    Setelah Anda mengerti cara mencari merchant dari produk yang Anda ingin promosikan, berikutnya Anda perlu mengerti pen jelasan tentang affiliate program yang tercantum di website merchant.
    Ok kembali ke contoh kostum Halloween, mari kita lihat hasil search google yang paling atas yaitu:
    Jika kita klik diatas, oh ternyata ada error bahwa URL tersebut tidak ada. Rupanya mereka baru saja merubah tampilan layout website. Saya cari sebentar di menu untuk menemukan page yang menjelaskan tentang affiliate program dari HalloweenMart.com. Nah ketemu, URL baru yang menjelaskan tentang affiliate programnya ada di: http://www.halloweenmart.com/costume-affiliate.html yang menampilkan page seperti di bawah ini.

    Setiap merchant yang menjalankan affiliate program pasti memiliki penjelasan detil di websitenya mengenai affiliate program dan aturan main yang perlu diketahui oleh setiap affiliatenya. Anda bisa lihat contoh dari penjelasan affiliate program Halloween Mart seperti gambar diatas.
    Sangat penting bagi Anda untuk membaca baik-baik penjelasan mengenai affiliate program ini. Banyak perbedaan antara affiliate program dari satu merchant dengan merchant lain. Oleh sebab itu, jangan pernah berasumsi, baca baik-baik penjelasan affiliate program suatu merchant sebelum Anda bergabung dan mempromosikannya.
    Di penjelasan affiliate program juga Anda bisa mengetahui apakah suatu merchant menjalankan in-house affiliate program atau tergabung ke affiliate network.
    Berikut akan dijelasan point-point affiliate program Halloween Mart agar Anda mengerti dan tahu istilah serta maksud dari penjelasan dari suatu affiliate program di merchant lainnya.
    • Point pertama yang penting adalah kata-kata Halloween Mart has teamed up with the Shareasale network (highlight kuning di gambar). Ini artinya HalloweenMart menyerahkan manajemen affiliate programnya ke affiliate network Shareasale yang merupakan salah satu affiliate network yang populer.
    Jika Anda sudah tahu bahwa merchant tergabung ke sebuah affiliate network seperti Shareasale maka Anda tahu bahwa untuk menjadi affiliate dari merchant tersebut, Anda perlu sign-up atau bergabung dulu ke Shareasale sebelum bisa mendaftar menjadi affiliate HalloweenMart ini.

    • Point berikutnya adalah penjelasan Earn 10% Commission yang berarti Anda memperoleh komisi 10% dari penjualan semu a produk yang dijual HallooweenMart.

    • 120-day Cookie artinya sistem akan mencatat dan memberikan komisi untuk setiap transaksi pembelian orang yan g Anda referensikan ke Halloween Mart selama 120 hari dari saat pertama kali dia meng-klik affiliate link Anda.

    Jadi hal ini membuat Anda tetap menerima komisi jika ternyata visitor yang Anda kirimkan ke HalloweenMart tidak langsung membeli, tetapi baru lihat-lihat dulu. Mungkin setelah beberapa kali melihat-lihat selama beberapa hari di website merchant, baru dia memutuskan untuk membeli. Anda akan tetap mendapatkan komisinya karena cookie-nya baru expired setelah 120 hari atau 4 bulan.

    • Tersedia Product Datafeed. Ini berarti merchant menyediakan file data produk (umumnya file CSV) yang dapat diolah sehingga bisa menampilkan seluruh produk merchant di website affiliate dengan mudah. Tentu Anda perlu memiliki pengetahuan teknis mengenai database dan aspek teknis dari pembuatan website untuk bisa menggunakan datafeed yang disediakan merchant.

    • All affiliate phone orders are tracked . Ini bisa jadi salah satu keistimewaan dari affiliate program Halloween Mart. Pada umumnya merchant menyediakan toll-free number yang dapat digunakan oleh pengunjung website untuk bertanya sekaligus melakukan order pembelian. Kebanyakan merchant, hanya bisa mencatat komisi penjualan dari affiliate jika customer melakukan order pembelian melalui website. Jika customer melakukan order pembelian melalui telpon, seringkali transaksi tersebut tidak tercatat sebagai referensi dari seorang affiliate sehingga itu berarti kerugian bagi affiliate. Merchant yang bagus berusaha untuk bisa melakukan tracking untuk order yang masuk melalui telpon. Dalam hal ini HalloweenMart mencantumkan no telpon dengan mencantumkan id tertentu, seperti yang bisa Anda lihat di header atau bagian atas website HalloweenMart.com seperti di bawah ini:

    Dengan demikian saat seseorang melakukan order via telephone, no id akan ditanyakan oleh operator sehingga transaksi tersebut tetap tercatat ke affiliate yang mereferensikan visitor tersebut.

    • Consolidated payments direct from Shareasale including an option for Direct Deposit. Informasi yang juga selalu dicantumkan di penjelasan affiliate program adalah cara pembayaran. Cara pembayaran yang umum adalah melalui US Check, Paypal, Direct Deposit (transfer langsung ke rekening, umumnya ke US Bank) atau metode pembayaran lainnya.
    Karena HalloweenMart.com ini tergabung ke Shareasale maka pembayarann ya akan melalui Shareasale yang membayar tiap bulan sekitar tanggal 25 melalui check yang dikirimkan ke alamat kita atau direct deposit ke US bank (jika Anda punya).

    • Auto Deposit yang artinya Shareasale berhak menarik uang secara otomatis dari account Halloween Mart jika dana yang tersedia tidak cukup dalam membayar komisi affiliate. Hal ini berarti affiliate dijamin pasti akan terbayar komisinya melalui Shareasale. Tidak seluruh merchant berani membuat sistem Auto Deposit seperti ini, terutama merchant yang relatif agak kecil. Hal ini memberikan ketenangan pikiran bagi affiliate yang mempromosikann ya karena komisinya pasti akan terbayar.

    • Shareasale Network Exclusive . Ini artinya affiliate program dari HalloweenMart hanya melalui Shareasale secara ex clusive. Cukup banyak merchant yang menjalankan affiliate program melalui beberapa affiliate network atau tergabung ke sebuah affiliate network tetapi juga menjalankan in-house affiliate program sendiri.

    • Hal lain yang biasanya tercantum di penjelasan affiliate program adalah bagaimana cara menghubungi Affiliate Manager (kontak person dari orang yang bertanggung-jawab mengurusi affiliate dari merchant).
    Bagi orang di Indonesia, sebenarnya saat ini lebih memudahkan jika merchant bisa membayar komisi dengan PayPal. Tidak saja uang bisa Anda terima dengan lebih cepat, lebih tidak repot dan hemat biaya. Jika menerima pembayaran dengan cepat dan mudah merupakan hal yang penting bagi Anda, fokuslah ke merchant yang bisa membayar komisi via PayPal. Ada cukup banyak merchant dan affiliate network yang bisa membayar komisi via PayPal.

    2.2.4 Signup ke In-House Affiliate Program
    Signup menjadi affiliate dari Implix yang terkenal dengan produk email autorespondernya yaitu GetResponse. Mengapa merekomendasikan menjadi affiliate dari Implix untuk mempromosikan GetResponse? Hal ini disebabkan setiap orang yang serius membangun bisnis internet marketing akan memerlukan jasa email autoresponder. Dan email autoresponder yang terbaik di dunia yang bisa direkomendasikan adalah Aweber dan GetResponse. Hanya saja Aweber baru saja menaikkan biaya bulanannya sehingga relatif agak tidak terjangkau oleh orang-orang yang baru memulai bisnis internet. Apalagi Aweber sampai saat ini belum mau menerima pendaftaran dari Indonesia lagi karena kasus fraud yang sering terjadi dulunya. Hal ini berarti menyisakan pilihan ke GetResponse saja.
    Jadi ini adalah peluang yang bagus bagi Anda jika mempromosikan GetResponse. Anda bisa mendapat kurang lebih US$ 43 untuk setiap orang yang Anda referensikan yang membuka account baru GetResponse untuk jangka waktu 1 tahun.
    Langkah -langkah untuk menjadi affiliate Implix agar bisa belajar mempromosikan GetResponse:
    1. Buka form pendaftaran menjadi affiliate dari Implix . Maka akan muncul tampilan seperti di halaman berikut. Itu adalah form yang perlu Anda isikan untuk menjadi affiliate.

    2. Silakan isi field-field yang ada di form tersebut yaitu:
    • Account Name. Ini adalah username yang perlu Anda inputkan untuk login ke affiliate area.
    • Name dan Address. Isikan nama dan alamat surat-menyurat Anda karena ini adalah alamat dimana cek komisi akan dikirimkan.
    • Check minimal amount. Ini adalah nominal minimum dari komisi Anda sebelum cek diterbitkan. Jadi misal Anda isikan 100, artinya cek Anda akan dikirimkan ke Anda jika komisi yang diterima sudah lebih dari $100.
    • Checks payable to. Ini adalah nama yang tercantum di cek. Pastikan Anda mengisi nama yang sesuai dengan rekening bank Anda di Indonesia. Karena umumnya bank hanya mau mencairkan cek jika nama yang tertulis di cek sama dengan nama yang ada di rekening bank.
    • City, phone number dan province, fax number, zip code dan country. Ini data-data tambahan yang perlu diisikan yaitu kota, no telpon, propoinsi, fax (jika ada), kode pos dan negara (kadang-kadang Anda menemui Indonesia tidak tercantum di daftar negara, ada kemungkinan merchant tidak menerima affiliate dari Indonesia. Coba hubungi merchant untuk kepastian tentang hal ini).
    • Email . Pastikan Anda mengisikan email yang valid dan sering Anda cek.
    • Website Address . Isikan alamat website Anda (jika punya). Kadang ada merchant yang mengharuskan affiliate yang mendaftar memiliki website, jika tidak diisi merchant akan menolak pendaftaran Anda. Kebetulan Implix tidak mengharuskannya, jadi bisa dibiarkan kosong.
    • Anda pilih Yes untuk menerima email notification jika terjadi sale dan accept terms and conditions.

    3. Jika seluruh field sudah diisi, klik tombol Submit untuk mengirimkan form aplikasi pendaftaran menjadi affiliate Implix. Maka Implix akan mengirimkan konfirmasi ke email Anda seperti dibawah ini (Email konfirmasi ini kadang baru Anda terima setelah 1 hari, jadi jangan bingung jika Anda tidak langsung menerima email konfirmasi dari Implix ).

    Anda perlu mencatat dengan baik informasi seperti account name, password (bisa diganti), affiliate ID dan UR L untul login ke affiliate area. Disarankan Anda untuk mencatat secara rapi semua informasi mengenai affiliate di sebuah file Excel atau OpenOffice Calc. Sehingga Anda tidak sampai kelupaan username dan password untuk login ke affiliate program yang Anda ikuti.

    4. Anda bisa mencoba untuk login ke affiliate area di URL yang sebutkan di email diatas dan login dengan account name dan password yang disebutkan. Setelah login, Anda akan bisa melihat tampilan affiliate area dari Implix seperti di bawah ini.

    5. Untuk mengubah password, silakan klik menu Edit Account yang terletak diatas dan akan muncul isian dimana Anda dapat mengubah password. Jangan lupa klik tombol Submit.

    Ok Anda sudah selesai melakukan proses pendaftaran menjadi affiliate Implix. Jika Anda ingin tahu penjelasan affiliate program dari Implix seperti kapan pembayaran dilakukan, berapa lama masa expired cookie dan lain sebagainya, Anda bisa klik di menu Support lalu klik Frequently Asked Question (FAQ) atau kunjungi URL berikut ini http://www.implix .com/affiliates/ModFaq/ListFaq/1/

    2.2.5 Signup ke Affiliate Network

    Perusahaan affiliate network yan g ada saat ini ada puluhan atau bahkan sudah diatas 100 perusahaan. Di setiap affiliate network, ada ratusan atau bahkan ribuan merchant yang bergabung.
    Beberapa affiliate network terbesar dan populer adalah:

    Ada lagi affiliate network populer yang fokus ke produk digital seperti ebook, software dan course seperti:

    Sebenarnya ada lagi affiliate network yang mengkhususkan pada Pay Per Lead (PPL) seperti Hydra, Copeac, Azoogle, ClickB ooth dan lain-lain. Anda bisa melakukan riset sendiri di internet untuk mengetahui affiliate network untuk PPL yang ada.
    Satu hal yang perlu dingatkan adalah hampir semua affiliate network mensyaratkan Anda untuk memasukkan alamat website Anda saat pendaftaran. Hal ini seringkali merupakan salah satu kriteria apakah aplikasi Anda diterima atau tidak. Jika Anda belum mempunyai website, ada baiknya Anda melakukan register nama domain, membuka web hosting dan membuat sebuah website sederhana. Ini tidak saja akan membantu Anda untuk diterima saat pendaftaran ke affiliate network, tetapi juga berguna saat apply menjadi affiliate sebuah merchant.
    Cukup banyak merchant yang hanya mau menerima affiliate yang memiliki website yang cukup relevan dengan produk atau jasa yang mereka jual. Tetapi ada juga merchan t yang menerima semua affiliate yang mendaftar.

    2.2.6 Proses Signup ke Shareasale
    Cara melakukan signup ke salah satu affiliate network yang populer yaitu Shareasale. Ada 7 langkah dalam proses pendaftaran bergabung ke Shareasale, yaitu:
    1. Isikan username dan password Anda serta negara tempat tinggal Anda. Lalu klik Move on to Step 2

    2. Isikan website utama Anda. Usahakan website utama Anda memenuhi kriteria berikut:
    • Menggunakan top level d omain seperti .com, .net, .org, .info, .biz dan sejenisnya.
    • Website menggunak an bahasa inggris.
    • Website yang sudah selesai pembuatann ya, bukan website muncul tulisan Under Construction.
    • Tidak menggunakan web hosting gratisan.

    Jika Anda menggunakan proteksi WHOIS di nama domain Anda, lepaskan proteksi tersebut sementara agar pihak affiliate network atau merchant bisa mengecek bahwa nama domain tersebut memang milik Anda, bukan milik orang lain.

    3. Mengisikan alamat email Anda yang menggunakan nama domain dari web site utama Anda seperti yang tampak di gambar di bawah ini. Setelah mengisikan alamat email Anda, klik Move on to Step 4

    Shareasale akan mengirimkan email konfirmasi ke alamat email yang telah Anda isikan, sehingga Anda harus memastikan bahwa Anda bisa menerima email tersebut. Tampilan yang muncul adalah seperti gambar di bawah ini.

    Klik tombol Yes, maka Shareasale akan mencatat email tersebut dan akan mengirimkan sebuah email konfirmasi ke alamat email tersebut saat proses pendaftaran sudah selesai.

    4. Anda akan diminta untuk mengisikan:
    • Nama depan dan nama belakang.
    • Nama yang tercantum di cek (pastikan sesuai dengan nama di rekening bank Anda).
    • Telpon, alamat, kota dan kode pos.
    • Marketing plan Anda. Di sini Anda perlu menjelaskan secara singkat apa strategi marketing Anda dalam memasarkan produk merchant. Hal ini seringkali diperlukan merchant untuk memutuskan apakah akan menerima Anda sebagai affiliate atau tidak. Jika Anda belum mempunyai bayangan bagaimana mengisinya, silakan contoh keterangan seperti dibawah ini:
    Mostly we will build review site about merchat’s product and a little bit comparison between similar products.

    We will drive traffic to the site using PPC like Adwords, articles in major article directory like Ezinearticles and doing SEO (Search Engine Optimization) to achieve top 10 ranking in main long tail keywords.

    • Anda juga diminta menyebutkan apakah website Anda termasuk Incentive Website atau tidak. Pilih My site is NOT an incentive program .
    • Untuk domain ownership,

    Comments are closed.